Pages

esok pasti ada tapi esok belum pasti

Tuesday, May 30, 2017

MAKALAH MANAJEMEN MOTIVASI DALAM ORGANISASI PENGANTAR MANAGEMEN



MAKALAH MANAJEMEN
MOTIVASI DALAM ORGANISASI
PENGANTAR MANAGEMEN



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas kami sehingga mampu terselesaikan dengan baik.
Tentunya didalam pembuatan makalah ini kami tidak sempurna, banyak kesalahan baik dari segi isi maupun segi bahasa, oleh karenanya kami mohon kritik dan saran untuk kelompok kami, agar dapat membantu kamu sehingga memiliki motivasi untuk mengerjakan tugas selanjutnya.


                                                                                                            Yogyakarta, 2 Juni 2015


                                                                                                Penyusun










DAFTAR ISI

Halaman Judul                                                                                  1
Kata Pengantar                                                                                 2
Daftar Isi                                                                                           3
BAB I : Pendahuluan                                                                        4
BAB II: Pembahasan
          2.1 Pengertian Motivasi                                                          5
2.2 Teori-teori Motivasi                                                          5-6
2.3 Kegunaan Organisasi                                                                  6-7
BAB III : Penutup                                                                                     
          3.1 Kesimpulan                                                                       8
          3.2 Saran                                                                                 8
DAFTAR PUSTAKA                                                                       9





BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang masalah
          Motivasi menyangkut perilaku manusia dan merupakan sebuah unsur yang vital dalam managemen. Ia dapat didefinisikan sebagai membuat seseorang menyelesaikan pekerjaan dengan semangat, karena orang itu ingin melakukannya. Tugas manager adalah menciptakan kondisi-kondisi kerja yang akan membangkitkan dan emmelihara keingan yang bersemangat ini. Untuk melakukan hal ini, pengetahuan menegani manusia dan kecakapan dalam berurusan dengan perilaku mereka, adalah penting.
1.2 Rumusan Masalah
1.     Apa pengertian dan teori motivasi?
2.     Apa Kegunaan Motivasi ?
 1.3 Tujuan
1.     Untuk mengetahui dan memahami pengertian dan teori motivasi
2.     Untuk mengetahui apa kegunaan motivasi


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Motivasi
          Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melaksanakan suatu tindakan untuk tujuan tertentu[1]
Menurut THE LIANG GIE CS. (MATUTINA DKK, 1993)
Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manager dalam memberikan inspirasi, semangat, dan dorongan kepada karyawan (pegawainya) untuk mengambil tindakan-tindakan. Pemberian dorongan ini dimaksudkan untuk mengingatkan orang orang atau pegawai agar mereka bersemangat dan dapat mencapai hasil sebagaimana dikehendaki dari orang tersebut.
Menurut MARTOYO (2000)
Motivasi pada dasarnya adalah untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan yang kita inginkan. Dengan kata lain adalah dorongan dari luar terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu.
2.2 Teori-teori Organisasi
·        Teori Harapan: Berbicara tentang motivasi pasti ada harapan didalamnya, contoh: Kita sangat termotivasi untuk cepat lulus kuliah, dengan harapan untuk membahagiakan orang tua.
·        Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow, diantaranya rasa aman, penghargaan dan sosial.
o   Memiliki rasa aman : Jadi secara tidak langsung didalam diri seseorang pasti menginkan motivasi untuk memiliki rasa aman, contoh : Jaminan Kerja / Asuransi pegawai.
o   Penghargaan: setiap orang pasti menginginkan apa yang telah diciptakan atau dilakukan dihargai oleh orang lain, jadi apabila orang lain sudah mampu menghargai apa yang telah ia lakukan, pasti orang tersebut akan lebih giat untuk melakukan gebrakan baru.
·        Teori Keadilan: Bahwasannya didalam melakukan suatu organisasi, pegawai tidak hanya mempertimbangkan hasil analisi pribadinya saja, melainkan menganalisis dari hasil kerja pegawai yang lain. Jadi tidak ada sifat egoisme didalam bekerja[2]
·        Teori Frederick Herzberg: Menciptakan teori motivasi yang lebih fokus mengenai pekerja disuatu perusahaan, jadi tindakan apa saja yang mampu membakar semangat para pekerja untuk lebih baik, dan ini hubungannya dengan sistematis yang dibuat oleh Manager.

2.3 Kegunaan Motivasi
·        Adanya Tantangan (challenge)
Maksudnya adalah bila kita ketahui di setiap kehidupan manusia pasti ada tantangan yang akan berbuah manis untuk dirinya, contohnya adalah seorang mahasiswa di berikan tantangan (challenge) oleh dosen dikelas untuk menyelesaikan tugas tepat waktu dengan rewardnya ada nilai maksimum atau nilai A.
·        Motivasi sebagai pengarah pencapaian tujuan untuk seseorang adalah sesuatu yang dapat mengarah tuju seseorang dalam tindakan– tindakan, baik dengan cara negatif maupun positif, contoh : motivasi kita ingin lulus dengan cumlaude, maka kita harus melakukan hal-hal yang positif agar apa yang kita inginkan tercapai.
·        Adanya tujuan yang jelas
Karena apabila seseorang memiliki motivasi atau dorongan, pasti dia juga memikirkan tujuan apa yang hendak di capai, dengan cara yang optimal.
·        Motivasi sebagai pendorong
Apabila seseorang sudah memiliki motivasi, atau sudah memiliki target untuk mecapai apa yang diinginkan, pasti lambat laun apa yang diinginkannya itu akan tercapai apabila dilakukan dengan usaha-usaha yang maksimal [3].







BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Motivasi merupakan dorongan yang menggerakkan seorang untuk melakukan suatu aktivitas atau tindakan tertentu, yang biasanya motivasi itu didasarkan pada :
Harapan, Penghargaan, Tujuan, Tantangan, Keakraban, Tanggung jawab, kesempatan untuk maju dan hal-hal lainnya yang membuat seseorang bersemangat dalam melakukan suatu aktivitas.
3.2 Saran
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami berharap makalah ini dpat menjadi inspirasi dan motivasi agar teman-teman dapat membuat makalah yang lebih sempurna
           






DAFTAR PUSTAKA

Terry, GR.Dasar-Dasar Managemen, PT BINA AKSARA, 1985
Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )



[1] Kamus Besar Bahasa Indonesia

[2] Dasar-Dasar Managemen, hlm 168
[3] Dasar-Dasar Managemen, hlm 175

No comments:

Post a Comment