MAKALAH EKONOMI ISLAM
"TAFSIR AYAT DAN HADITS EKONOMI ZISWAF"
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat
Allah SWT yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat, sehingga aktifitas
hidup yang kita jalani ini akan selalu membawa keberkahan, baik kehidupan di
alam dunia ini, lebih-lebih lagi pada
kehidupan akhirat kelak, sehingga semua cita-cita serta harapan yang ingin kita
capai menjadi lebih mudah dan penuh manfaat.
Terima kasih sebelum
dan sesudahnya kami ucapkan kepada Dosen
serta teman-teman sekalian yang telah membantu, baik bantuan berupa moril
maupun materil, sehingga laporan analisis kelayakan bisnin ini dapat
terselsaikan. Pada kesempatan ini kami ucapkan banyak terima kasih kepada Ibu
Tulasmi SEI., MEI. selaku dosen pengampu mata kuliah Analisis Kelayakan Bisnis
Dan Invetasi Islam yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan.
Saya menyadari
sekali, didalam penyusunan laporan analisis kelayakan bisnis ini masih jauh
dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangnya, baik dari segi tata
bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian
kepada dosen serta teman-teman sekalian, yang kadangkala hanya menuruti egoisme pribadi, untuk itu besar
harapan kami jika ada kritik dan saran
yang membangun untuk lebih menyempurnakan laporan observasi kami dilain
waktu. Semoga
laporan analisis kelayakan bisnis ang sederhana
ini dapat memberi wawasan dan pemahaman yang luas kepada pembaca.
Yogyakarta, 30
Desember 2015
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
Studi kelayakan merupakan salah satu mata kuliah
(study) terapan yang bersifat aplikatif, Sedangkan yang dimaksud dengan studi
kelayakan bisnis, sering disebut studi kelayakan proyek adalah penelitian
tentang dapat tidaknya suatu proyek (biasanya merupakan proyek investasi)
dilaksanakan dengan berhasil. Istilah “proyek” mempunyai arti suatu pendirian
usaha baru atau pengenalan sesuatu (barang maupun jasa) yang baru ke dalam
suatu produk yang sudah ada selama ini.
Pengertian keberhasilan bagi
pihak yang berorientasi profit dan pihak non profit bisa berbeda. Bagi pihak
yang berorientasi semata, biasanya mengartikan keberhasilan suatu proyek dalam
artian yang lebih terbatas dibandingkan dengan pihak non profit, yaitu diukur
dengan keberhasilan proyek tersebut dalam menghasilkan profit.
Sedangkan bagi pihak non profit
(misalnya pemerintah dan lembaga non profit lainnya), pengertian berhasil bisa
berujud misalnya, seberapa besar penyerapan tenaga kerjanya, pemanfaatan sumber
daya yang melimpah ditempat tersebut dan faktor – faktor lain yang
dipertimbangkan terutama manfaatnya bagi masyarakat luas. Semakin besar suatu
proyek yang akan dijalankan, semakin luas dampak yang terjadi baik dampak
ekonomis maupun sosial, sebaliknya semakin sederhana proyek yang akan
dilaksanakan, semakin sederhana pula lingkup penelitian yang akan dilaksanakan.
Namun sesederhana apapun baik secara formal maupun informal, sebaiknya
penelitian kelayakan dilakukan sebelum proyek tersebut dilaksanakan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Analisis Kelayakan Bisnis
Analisis kelayakan bisnis
adalah proses yang menentukan apakah ide bisnis entrepreneur dapat menjadi
bisnis yang sukses. Sementara rencana bisnis merupakan alat perencanaan yang
mengubah ide bisnis menjadi kenyataan. Rencana bisnis disusun berdasarkan studi
kelayakan, tetapi memberikan gambaran yang lebih komprehensif dari pada studi
kelayakan. Mengapa studi kelayakan
tersebut diperlukan? Hal terpenting adalah untuk kebaikan kelangsungan
kehidupan perusahaan di masa yang akan datang, dan agar tidak ada pihak-pihak
yang merasa dirugikan dari terlaksananya sebuah usaha bisnis.
B.
Tujuan Analisis Kelayakan Bisnis
Tujuannya adalah untuk menentukan apakah suatu ide
bisnis layak direalisasikan. Analisis kelayakan bisnis dapat dikaji dari
empat aspek utama, yaitu produk dan jasa, industry dan pasar, organisasi dan
keuangan. Secara lebih lengkap,
berikut ini merupakan beberapa tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan
sebuah Studi Kelayakan Bisnis :
1)
Menghindari kerugian
Analisa yang dilakukan melalui studi kelayakan bisnis
tersebut tak lain untuk memperkirakan bagaimana kemungkinan untung ruginya
sebuah perusahaan di masa yang akan datang. Jika di dalam analisa terdapat
kerugian perusahaan yang kemungkinannya akan lebih besar, maka ada baiknya Anda
berpikir ulang jenis usaha yang akan Anda pilih.
2)
Memudahkan pelaksanaan kerja
Adanya analisa akan membantu Anda dalam merealisasikan
programprogram perusahaan. Anda bisa memilih kebijakan mana yang dirasa
menguntungkan ataupun merugikan.
3)
Memudahkan perencanaan perusahaan
Analisa yang baik akan membantu Anda dalam
merencanakan segala hal yang menyangkut dengan kegiatan perusahaan. Langkah dan
program apa yang akan disusun akan menjadi lebih mudah dengan adanya studi
kelayakan bisnis tersebut.
4)
Memudahkan dalam hal pengawasan
Kegiatan sebuah bisnis besar memerlukan proses
pengawasan dari pihak yang berwenang seperti pemerintah misalnya. Adanya
laporan analisa mengenai studi kelayakan sebuah bisnis akan menjadi panduan
bagi pihak-pihak berwenang dalam hal melakukan pengawasan.
5)
Memudahkan proses pengendalian
Pengawasan dan pengendalian dalam operasi sebuah
perusahaan besar perlu dilakukan secara berkesinambungan. Proses yang salah
dari keduanya akan memberikan dampak buruk baik untuk kesehatan lingkungan
maupun masalah sosial lainnya. Adanya studi kelayakan bisnis akan lebih
memudahkan bagi pihak yang berwenang atau perusahaan terkait untuk melakukan
pengawasan serta pengendalian.
C.
Tiga Tahap Studi Kelayakan Bisnis
Adapun,
untuk melakukan studi kelayakan bisnis/usaha ini, setidaknya ada tiga tahapan
yang harus dilalui, di antaranya:
- Indentifikasi
Identifikasi
dilakukan calon investor dengan cara melakukan pengamatan terhadap lingkungan
bisnis untuk memperkirakan kesempatan dan ancaman yang mungkin terjadi pada
usaha/bisnis, sehingga investasi bisa benar-benar tepat sasaran.
- Penilaian
Analisa
dan penilaian bisa dilakukan oleh calon investor dari beberapa aspek, seperti:
Aspek Pasar Dan Pemasaran, Aspek Keuangan, Aspek Ekonomi Dan Sosial, Aspek Hukum, Aspek Teknis Dan Produksi, Aspek Dampak
Lingkungan, Aspek Lingkungan Industri, Aspek Manajemen Dan SDM,
·
Perumusan
Calon investor harus dapat menerjemahkan kesempatan
investasi ke suatu rencana usaha yang konkret.
D.
Profil
Warung Spesial Sambal
Waroeng SS resmi didirikan di tahun 2005, memiliki 3
orang karyawan awalnya, yang kini berubah menjadi 1.800 karyawan. Sebelas tahun
sudah Waroeng SS berjualan di mana halangan rintangan dihadapi dengan sabar.
Setelah 7 tahun beroperasi, Warung Spesial
Sambal telah berkembang dengan membuka gerai-gerai baru sebanyak 11 buah yang
tersebar di Yogyakarta, 4 di Solo, Klaten, Bandung, 2 di Tangerang, Jakarta
Timur, Depok, 4 di Semarang, Karanganyar , Cirebon, Magelang, Malang, Kediri
dan Purwokerto (data sampai Mei 2009) untuk menjawab permintaan pelanggan dan
memberikan layanan yang optimal bagi pelanggan yang lokasi tempat tinggalnya
relatif jauh dari warung.
Dalam menjaga keunggulan yang ada, pemilik
tetap mempertahankan identitas dan keunikan Waroeng Spesial Sambal “SS” dengan
menciptakan standarisasi terhadap kualitas rasa sambal, ragam sambal yang
disediakan, prosedur pelayanan, hingga yang bersifat fisik warung, meliputi
interior warung, road sign, serta merek Warung Spesial Sambal “SS”.
Berdirinya Waroeng SS yang tidak lain berangkat
dari hoby & kegemaran Pak Yoyok Heri Wahyono akan sambel. Dan ceritanya
setelah mulai merasakan begitu kerasnya kehidupan & tuntutan kebutuhan
hidup akhirnya Yoyok Heri Wahyono bersama temen-temennya mendirikan sebuah EO
yang diberi nama InSEd
production.
Berdirilah SS-01 berujud kakil ima di Jl. Kaliurang sebelah barat
Grha Sabha Pramana UGM pada bulan Agustus 2002. Waroeng mulai
setiap jam 5 sore sampai jam 10 malam bersama 5 orang teman-teman, juga
melibatkan personil-personil InSEd yang perannya tidak bisa dilepaskan dari
sejarah Waroeng SS.
Enam bulan kemudian dengan berbagai usaha yang
keras menurut ukuran pak Yoyok Heri Wahyono akhirnya Waroeng SS mulai bisa
diterima oleh masyarakat khususnya penggemar sambal di Jogja, dan selanjutnya
dengan modal tekad baja, pantang surut, berani karena benar & hasrat untuk
memenuhi kebutuhan hidup maka dibukalah Waroeng SS-02 di Condong Catur.
Khusus untuk Waroeng SS dalam hal yang namanya
untung/laba ternyata tidaklah seindah apa kata orang, maksudnya banyak orang
bilang bisnis makanan tuh untungnya bisa sampai 40an% dari omzet, tapi pak
Yoyok Heri Wahyono sendiri tidak tahu kenapa hal itu sama sekali tidak berlaku
di SS.
Padahal semua daya upaya & segenap
kemampuan intelektual yang dimiliki sudah dicurahkan tapi tetap aja. Akhirnya
pak Yoyok Heri Wahyono males mikirin lagi tentang angka-angka akhirnya mencoba
untuk terus meyakini kalo angka-angka rejeki itu memang urusan Allah SWT,
sedangkan kita hanyalah bertugas mengerjakan apa yang didepan kita dengan
sebaik-baiknya yang kita bisa.
Terus sebagai pengejawatahan dari keyakinan itu
maka pak Yoyok Heri Wahyono mencoba untuk secepatnya mengembangkan usaha ini
yakni buka cabang lagi. Kemudian dari beberapa temen ada yang tertarik untuk
patungan bikin cabang baru maka dari situ berdirilah Waroeng SS ke-3
di Seturan arah ke Babarsari.
Berikutnya menyusul yang ke-4 di Pandega Marta,
terus yang ke-5 di Jalan
Kaliurang km. 14. Selanjutnya selama kurang lebih 1,5 tahun
keinginan untuk mendirikan Waroeng SS ke-6 kok susah kesampaian, rasanya ada
saja masalah yang bikin Waroeng SS 6 itu gak jadi.
Bahkan
pernah dah bayar kontrak tempat tapi akhirnya ga jadi juga. Sempet frustasi
juga pak Yoyok Heri Wahyono waktu itu hingga akhirnya ada seorang teman bilang
"ya udah gak Waroeng 6 nya dilompatin aja", jadi langsung bikin yang
ke-7. Ternyata bener, yang ke-7 di Timoho dalam 2 bulan kemudian berdiri, menyusul
yang ke-8 di Glagahsari.
Dan seterusnya.
E.
Ada 7 Aspek Yang Di Analisis Oleh SS
Ø Teknik
Pasar dan Pemasaran
Teknik pemasaran yang dilakukan oleh
warung Spesial Sambal sangat berbeda dengan yang dilakukan dengan kebanyakan
perusahaan-perusahaan lain. Yang memang warung Spesial Sambal sangat menjunjung
tinggi sebuah kesederhanaan, warung Spesial Sambal tidak terlalu banyak
tersentuh oleh tekhnologi sebagaimana yang dilakukan oleh perusahaan lain.
Yaitu hanya dengan cara cerita dari mulut ke mulut untuk memasarkan warung
Spesial Sambal kepada para konsumen. Ketika asisten kepala cabang warung
Spesial Sambal diwawancarai oleh penulis, kenapa tidak melakukan pemasaran
dengan teknologi seperti Instagram atau dll ? dengan jawaban yang sangat
sederhana, bahwa pemasaran yang dilakukan dari cerita satu orang ke orang lain
lebih efektif dibandingkan melalui teknologi.
Untuk sasaran dari pemsaran warung
Spesial Sambal ini tidak tertuju untuk satu kalangan saja, melainkan untuk
semua kalangan masyarakat. warung Spesial Sambal berusaha untuk siapapun,
masyarakat mana pun bisa menikmati dan makan di warung Spesial Sambal. Dengan
kelebihan yang dimiliki oleh warung Spesial Sambal yaitu keramahan dari setiap
para karyawannya, maka itu merupakan salah satu tekhnik pemasaran mereka.
Sehingga satu orang yang makan di warung Spesial Sambal bisa menyebarkan cerita
kepada teman-temannya.
Mengingat pendiri warung Spesial Sambal
memulai usahanya dari bawah, maka yang diunggulkan dari karyawannya adalah
memperlakukan semua konsumen yang datang dengan perilaku yang sama tidak
memandang lapisan.
Ø Aspek
manajemen dan Sumber Daya Manusia
Manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan waroeng
SS sendiri memiliki tujuan yaitu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap makanan
khas Indonesia dan inovatif yang dapat bersaing secara unggul di bidang
kuliner. Tujuan kami dapat terlaksana dan tercapai karena adanya wadah atau
tempat untuk melakukan kegiatan tersebut yang kami sebut dengan organisasi.
Organisasi merupakan suatu proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Organisasi dalam perusahaan kami merupakan organisasi formal, dimana segala
kegiatan yang dilakukan terkoordinasi dan strukturnya tersusun secara tegas.
Struktur organisasi kami menggambarkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab
masing-masing bagian. Bentuk dari struktur organisasi kami adalah organisasi
lini. Berikut merupakan gambar dari struktur organisasi lini perusahaan kami.
Struktur
Organisasi Dari Pusat
Struktur
Organisasi di Cabang
Sumber Daya Manusia yang digunakan oleh
warung Spesial sambal ada standar-standar tertentu yang diterapkan. Namun
kembali lagi, karena warung Spesial Sambal menjunjung tinggi kesederhanaan,
maka SDM yang dipakai untuk karyawan pun tidak memerlukan riwayat pendidikan
yang tinggi. Terkecuali di bagian-bagian yang terpenting di tingkat atas. Untuk
SDM tingkat karyawan tidak di lihat dari sisi kepandaian.
Adapun persyaratan yang berlaku di
warung Spesial Sambal untuk bagaian karyawan diantaranya ;
-
Lulusan SMA/tingkat sederajat.
-
Orang yang berniat bekerja.
Meskipun hanya 2 persyaratan di atas
yang berlaku, tentunya warung Spesial sambal tidak sembarang memilih
karyawannya. Ada beberapa kriteria yang harus memenuhi di bidang-bidang
tertentu. Tahap-tahap dalam memilih karyawan di warung ini tidak jauh sama
seperti di perusahaan-perusahaan lainnya. Diantaranya dengan menyerahkan
berkas-berkas yang diperlukan, lalu wawancara. Dan diseleksi oleh warung
Spesial Sambal. Untuk memberikan pemberian bekal kepada karyawan baru warung
Spesial sambal mengadakan pelatihan untuk terjun langsung ke lapangan.
Untuk meningkatkan kualitas SDM yang
lainnya, setiap minggunya mengadakan workshop dan dalam waktu 3minggu diadakan
workshop semua warung diseluruh Indonesia.
Adapun fasilitas yang diberikan warung
Spesial sambal kepada para karyawannya diantaranya adanya fasilitas Jamsostek
untuk semua karyawan, pembiayaan perobatan karyawanpun tidak dibatasi. Dan yang
menarik dari warung Spesial Sambal dari segi fasilitas untuk para SDM nya yaitu
diberikan nya beasiswa bagi karyawan yang masih menjalani pendidikan. Dalam
masalah perizinan sendiri untuk para karyawannya harus ada alasan yang kuat dan
dilampirkan surat dokter jika sakit. Setelah alasan dan surat di acc, lalu
langsung menghubungi pihak atasan.
Ø Aspek Teknis
Dan Produksi
a)
Proses pengolahan
Untuk operasional dari mulai pembelian
bahan baku, memasak, pemesanan hingga complain konsumen warung Spesial Sambal
cukup tertata.
Tekhnis pembelian bahan baku dibagian
dapur ada dua (2) :
1.
Bahan mentah
Di
warung Spesial sambal non area ada 1 dapur. Maka tugas dari dapur 1 ini adalah
membeli bahan baku mentah sesuai kebutuhan untuk dapur warung-warung cabang.
2.
Bahan setengah jadi
Dari
dapur 1 yang bertugas membeli bahan baku mentah, maka tugas dari dapur 2 ini
adalah mengolah dari bahan baku mentah menjadi bahan setengah jadi untuk
dikirim ke warung-warung cabang. Semua masakan yang menjadi kebutuhan setiap
warung cabang, diolah/dimasak di dapur 1 terkecuali untuk sayu-sayuran langsung
diolah/dimasak oleh dapur warung cabang itu sendiri. Meskipun sudah diterapkan
system seperti ini, warung cabang masih kesulitan dalam pemesanan konsumen yang
sangat banyak.
b)
Proses pemesanan makanan dari konsumen
Proses pemesanan yang dilakukan
langsung ditempat tidak jauh dengan pemesanan-pemesanan makan di tempat makan
lainnya. Dengan menulis menu lalu memberikan ke salah satu pelayan.
Sedangkan untuk pemesanan yang
dilakukan tidak ditempat, warung special sambal tidak menyediakan box seperti
kebanyakan warung makan yang lain, melainkan hanya menggunakan kertas minyak.
c)
Proses Komplain konsumen
1.
Jika masakan tidak memuaskan
Di
warung Spesial sambal diterapkan system complain apabila salah satu masakan
yang disajikan kurang memuaskan dalam hal rasa, maka masakan itu bisa diganti
dengan yang baru sesuai dengan yang dikomplain konsumen.
2.
Untuk konsumen pemesan tidak ditempat
Bagi
konsumen yang memesan masakan/makanan dari special sambal tidak ditempat,
diberikan selembar kertas untuk complain yang disediakan oleh warung Spesial
Sambal tersebut.
3.
Sms dan telepon complain
Warung
special sambal juga menyediakan fasilitas complain melalui sms dan telepon.
Dengan tahapan, konsumen bisa langsung sms atau telepon ke nomor yang
dicantumkan.
Ø Aspek
Keuangan
Membangun Waroeng SS
yang pertama (kaki lima) modalnya 9 juta dengan pinjaman saham, lanjut ke
cabang yang kedua sekitar 14 juta, cabang yang ketiga 23 juta sampai 25 juta,
dan hingga saat ini sudah mencapai 300 juta.
Saat ini target untuk
omset dalam 1 tahun adalah 47 milyar dan seandainya tidak mencapai target maka
akan dikenai konsekuensi bonus-bonus. Pendapat per hari : kurang kebih 9,5
juta.
Ø Aspek Dampak Lingkungan(AMDAL)
Dalam
menentukan tempat beroperasi Waroeng sepesial sambal memilih tempat yang sangat
strategis dimana tempatnya di samping Jln. Kaliurang km. 12,5 (Jembatan Dusun
Candi). Pemilihan tempat yang strategis ini sangat berpengaruh sehingga mudah
dijangkau oleh para mahasiswa atau masyarakat sekitar.
Dalam
aspek lingkungan waroeng spesial sambel juga sangat memperhatikan sekali limbah
dari sisa makanan, karena jika limbah ini tidak terurus dengan baik maka akan
sangat berdampak negatif pada masyarakat sehingga akan menganggu operasional
dari SS. Untuk menjaga limbah-limbah tersebut SS mempunyai tempat penampungan
tertentu untuk membuang limbah dari operasional setiap hari, kalau penampungan
itu sudah penuh pimpinan cabang SS akan memberitahu ke kantor pusat SS untuk
mengangkut limbah-limbah tersebut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).
Ø
Aspek Sosial Dan
Ekonomi
Bagi masyarakat adanya investasi ditinjau dari aspek ekonomi adalah akan
memberikan peluang untuk meningkatkan pendapatannya. Sedangkan bagi pemerintah
dampak positif yang diperoleh adalah dari aspek ekonomi memberikan pemasukan
berupa pendapatan baik bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah setempat.
Begitu juga dengan dampak positif dari aspek sosial bagi masyarakat. Secara
garis besar dampak dari aspek sosial dan ekonomi yang ditimbulkan dari Waroeng Spesial Sambal adalah sebagai berikut
:
1)
Adanya perubahan demografi melalui :
Perubahan
komposisi tenaga kerja baik tingkat partisipasi angkatan kerja maupun tingkat
pengangguran. Dengan adanya usaha ini, maka kami dapat meningkatkan partisipasi
angkatan kerja dan juga menurunkan tingkat pengangguran yang ada di kota
Yogya.
2)
Dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga melalui:
·
Meningkatnya pendapatan keluarga. Waroeng Spesial
Sambal memperkerjakan 1.800 tenaga kerja, maka secara tidak langsung dapat
dikatakan bahwa kami meningkatkan pendapatan 1.800 keluarga yang tentu saja
akan memberikan pengaruh positif pada keluarga tersebut dan hal-hal ekonomi
yang berkaitan dengan keluarga tersebut.
·
Tersedianya jumlah dan ragam makanan di masyarakat,
sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan untuk jenis makanan yang diinginkan
terutama makanan khas Indonesia. Banyaknya jenis masakan pada akhirnya akan
meningkatkan persaingan, sehingga para produsen berusaha untuk meningkatkan
mutu produk, harga yang kompetitif, dan lain-lain, sehingga hal ini juga akan
berpengaruh terhadap harga jual di pasaran.
·
Membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekaligus
mengurangi pengangguran. Dalam unit usaha ini, kami memberikan kesempatan kerja
pada 1.800 orang.
3)
Menggali, mengatur, dan menggunakan ekonomi sumber
daya alam melalui:
Menggunakan
produk pangan lokal. Terutama hasil ternak dan kebun daerah Yogya khususnya.
Seperti ikan lele, nila, ayam dan sayur-sayuran segar yang menjadi bahan baku
utama masakan yang di sajikan oleh Waroeng Spesial Sambal.
4)
Meningkatkan perekonomian Pemerintah lokal melalui:
·
Menambah peluang dan kesempatan kerja serta berusaha
bagi masyarakat Kota Yogya khususnya. Dengan terciptanya kesempatan kerja maka
akan mengurangi pengangguran yang ada, apabila semakin berkurang di Kota Yogya
maka secara tidak langsung kondisi tersebut meningkatkan perkonomian dari Kota
Yogya itu sendiri.
·
Pemerataan pendistribusian pendapatan. Dengan memberi
kesempatan kerja pada mereka yang menganggur, maka usaha ini telah membantu
meratakan dsitribusi pendapatan. Selain itu kerja sama yang kami jalin dengan
beberapa petani sayur dan peternak ikan ataupun ayam serta buah-buahan yang
lain juga dapat meningkatkan pendapatan mereka yang kemudian juga berdampak
pada pemerataan pendistribusian pendapatan.
·
Peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Setiap
usaha pasti akan memberikan kontribusi kepada daerah lokasi dari usaha
tersebut. Begitu juga unit usaha Waroeng Spesial Sambal yang memberikan
kontribusi pada PAD Kota Yogya.
Ø Aspek Lingkungan
Industri
Seiring
berkembangnya usaha kuliner SS ini maka, semakin banyaknya pesaing dengan usaha
yang sejenis baik konsep maupun teknisnya. Walaupun SS telah dikenal dan
populer tetapi tetap saja hal ini menjadi perhatian internal SS.
Dengan
mengembangkan keunggulan yang kompettif yaitu menonjolkan ciri khas SS dengan
konsep kesederhaan mulai dari tempat (warungnua) dan juga makanan yang di
tawarkan. Disamping itu juga SS tidak mengabaikan rasa masakan yang menjadi
fokus utama yang di sertai harga yang terjangkau.
SS
menilai pesaing sebagai penggerak semangat untuk tetap mempertahankan
eksistensi SS dan mengembangkannya dengan lebih lagi. Selain itu pesaing juga
di anggap sebagai cerminan bahwa konsep usaha yang SS pilih adalah usaha yang mampu memancing timbulnya pengusaha-pengusaha
baru untuk terjun kedunia wirausaha.
Lingkungan
tenaga kerja juga di manage dengan baik. SS juga mempekerjakan mahasiswa yang
masih aktif kuliah asalkan komitmen dan disiplin. SS juga memberikan pelatihan
kepada para karyawannya demi perbaikan dan kemajuan usanya.
F.
Analisis
SWOT
Strength
(Kekuatan)
·
Memberikan pelayanan yang terbaik dan
kepuasan terhadap para konsumen
·
Mempertahankan kesederhanaan postur
bangunan yang tidak mencolok
·
Memikat konsumen dengan cita rasa dan
harga terjangkau khususnya di kalangan mahasiswa
·
Fokus dan konsisten di
sambal, sampai saat ini kami memiliki 32 jenis sambal dengan 27 menu sambal
utama, sambal-sambal tersebut merupakan sambal tradisi (sudah ada sejak jaman
dulu).
Weakness (Kelemahan)
·
Belum digunakannya tekhnologi
diterapkan di warung Spesial Sambal
·
Masih kurangnya system memasak yang
tepat dan cepat, sehingga menimbulkan banyak complain dari para konsumen
Opportunity (Peluang)
·
Lokasi yang strategis menjadikan
masyarakat agar mudah menemukannya
·
Dengan memiliki brand yang sudah cukup
luas dan terkenal ingin memperluas jangkauan
Waroeng SS di setiap daerah.
·
Harga yang terjangkau
oleh seluruh lapisan masyarakat
Threat (Ancaman)
·
Adanya persaingan dengan warung
citarasa yang pedas yang lebih modern.
BAB III
PENUTUP
Studi kelayakan merupakan penilaian yang menyeluruh
untuk menilai keberhasilan suatu proyek. Keberhasilan proyek memiliki
pengertian yang berbeda antara pihak yang berorientasi laba dan pihak yang
tidak berorientasi laba semata. Namun demikian semua ditujukan untuk mencapai keberhasilan dalam
industrialisasi. Industrialisasi memiliki manfaat-manfaat yang bisa diambil
suatu negara.
Sebaliknya industrialisasi bisa
gagal karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh negara yang bersangkutan.
Studi kelayakan proyek harus dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya
kesalahan-kesalahan dalam industrialisasi suatu negara. Jadi tujuan
dilakukannya studi kelayakan adalah untuk menghindari keterlanjuran penanaman
modal yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan.
No comments:
Post a Comment